Selasa, 08 Juli 2008

Pondok Pesantren Modern AL HARBI menerima santri baru

PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI
MENERIMA SISWA/SANTRI BARU
TAHUN pelajaran 2008 - 2009

MUQADDIMAH
بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan Rahmat Allah SWT, bahwa dalam mengisi dan meningkatkan pendidikan anak bangsa Indonesia sesuai dengan UUD 1945 dan UU Pendidikan Nasional, kita merasakan perlu adanya usaha dalam mengembang-kan cita-cita pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan.
Didorong untuk meningkatkan daya guna dan kualitas pendidikan serta membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program kembali ke nagari dan surau untuk membangun insan madani, maka dirasa perlu adanya sebuah lembaga yang bergerak dalam pendidikan di Pabalutan, Panti dan Rambatan.
Untuk itu, tokoh dan pemimpin masyarakat di Pabalutan, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatera Barat telah sepakat untuk mendirikan dan membangun sebuah kampus pen-didikan, khususnya dalam menampung aspirasi pendidikan Islam yang berkualitas.
Terinspirasi dari kelangkaan para ulama tersebut dalam era globalisasi ini, dipandang perlu untuk mendidik dan mencetak kader-kader ulama yang siap pakai, berpedoman kepada perguruan Islam di daerah ini yang sudah menghasilkan lulusan yang sudah berbakti baik kepada masyarakat, maka kami bertekad untuk membangun sebuah kampus modern yang diberi nama Pondok Pesantren Modern Al-Harbi.
Untuk itu peranan Pondok Pesantren Modern Al-Harbi sangat diharapkan dalam partipasi mem-bina, mencetak dan mendidik kader ulama intelektual yang dapat berbakti kepada agama, bangsa dan negara.
Pesantren Al-Harbi berstatus swasta murni dan perpegang kepada prinsip “Berada Diatas dan Untuk Semua Golongan”, tidak berorientasi kepada organisasi politik manapun, bersikap bebas dan independen.

DASAR PEMIKIRAN
Al-Qur’an, Surah Attaubah, 9 :122 dan 71 : Artinya :
 “Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam ilmu pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya”. (Q.S. At-Taubah 9 :122)
 “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah dan RasulNya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (Q.S. At-Taubah 9 : 71)
Al-Hadist :
 “Barang siapa yang menginginkan kebahagian hidup di dunia, dia harus berilmu, dan barang siapa yang menginginkan kebahagian hidup di akhirat dia harus berilmu, dan barang siapa yang menginginkan kebahagian hidup di dunia dan akhirat dia harus berilmu”. (HR Bukhari dan Muslim)
 “Tuntutlah ilmu pengetahuan mulai sejak lahir sampai akhir hayat”.(HR Muslim)

TUJUAN
Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Harbi didirikan di Batusangkar pada hari Jum’at tanggal 6 Sya’ban 1427 H bersamaan dengan 29 September 2006 M, dengan Akta No. 95, Notaris Aflinda, SH.
Yayasan ini bertujuan :
1. Membekali kepamampuan santriwan/santriwati peserta didik untuk mengembangkan kehidupan sebagai muslim yang beriman dan bertaqwa serta berakhlakul-karimah, sehat jasmani dan rohani serta berkepribadian sebagai warga negara Indonesia.
2. Membina santriwan/santriwati peserta didik untuk memiliki ilmu pengetahuan, taat beribadah dan patuh bagi pengembangan pribadinya.
3. Mempersiapkan santriwan/santriwati peserta didik sebagai kader ulama (intelektual muslim) dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

MOTTO : Ilmu Amaliah, Amal Ilmiyah & Memahami Ilmu Agama

V I S I
Membentuk pribadi muslim dan muslimah yang berkarakter mulia, beriman, berilmu, beramal, bertaqwa, berkualitas dan profesional menuju ridha Ilahi, berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah

M I S I
1. Meningkatkan mutu pendidik-an melalui pengembangan sistem pembelajaran dalam rangka me-ngujudkan santri yang memiliki ilmu pengetahuan, mandiri, kreatif, pro-duktif yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan integritas antara ilmu agama dan ilmu umum dengan mengembangkan sistem pengajaran berbasis kompetensi, teknologi dan mampu bersaing.
3. Mencetak kader-kader ulama, pendidik dan da’i yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), trampil siap mengabdi kepada Agama, Bangsa dan Tanah Air.

FUNGSI PENDIDIKAN
a. Pola pendidikan memakai sistem klasikal, madrasah dalam pesantren. Juga diadakan sistem halaqah dalam pendidikan ketrampilan dan berkelompok.
b. Menyelenggarakan pendidikan agama Islam dan umum yang meliputi Al-Qur’an, Ilmu Qur’an, Tahfizdul Qur’an, Hadist dan Ilmu Hadist, Ibadah, Muamalat, Fiqh, Ushul Fiqh, Aqidah dan Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan pengetahuan umum mulai dari jenjang Raudhatul Athfal/Play-Group, Taman Kanak-Kanak Islam, Sekolah Dasar Islam/Plus, tingkat SLTP/MTs, SMU/MA sampai perguruan tinggi.
c. Membina hubungan kerjasama dengan orang tua santri dan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan agama Islam yang berkualitas.
d. Menerapkan Dakwah Islamiyah dengn memberikan bimbingan dalam melaksanakan amal ibadah agama Islam secara baik, benar dan transparan.
e. Melaksanakan menajemen dan administrasi yang profesional dan program pendidikan serta mempunyai perpustakaan yang komplit dengan mendirikan “Khutub Khanah” atau “Darul Kutub”.

PELAKSANA PENDIDIKAN
- Pendidikan dikelola oleh tenaga-tenaga ahli pendidik (profesionalis) alumni berbagai madrasah, pondok pesantren, IAIN, STAIN, UNP, UNAND dan Perguruan Tinggi dalam negeri dan Timur Tengah a.l. Univ. Al-Azhar, Univ. Medinah, Univ. Imam Muhammad di Riyadh dll yang memenuhi kriteria dan berwawasan pemikiran bermanhaj yang benar.
- Kepengurusan Pondok Pesantren Al-Harbi berada dalam sebuah badan hukum yaitu Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Harbi
- Pengurus Pondok Pesan-tren terdiri dari Pengasuh/Pimpinan Pondok, Direktur dan Wakilnya, Kepala Sekolah tingkat madrasah Tsanawiyah dan ‘Aliyah, Kepala Ma’had ‘Aliy (tingkat Akademi/ Sekolah Tinggi), Kepala Sekolah SD Islam dan TK Islam, Play Group/Raudhatul Athfal
- Kepala ADM/Managment Keuangan, Sekretariat, Guru dan Karyawan
- Pengelolaannya profesi-onal dan berstandar nasional berbasis kompetensi (Diknas dan Depag) dan internasional (Mesir dan Timur Tengah).
- Syarat penerimaan tenaga pengajar dan pegawai antara lain taat melaksanakan ibadah Syari’at Islam. Sehat Rohani dan Jasmani dan loyalitas. Lulus Tes dan Psychotes.

DEWAN PEMBINA & PENDIRI
Ketua : H. Zulharbi Salim
Ketua I:Drs.H.L. Dt. Majo Indo
Ketua II:H.W.N.Dt. Rky.Mulia
Sekretaris: R.Dt. Jonang Sati, SE
Anggota:
H. Rasyidin Masmal
Drs. H. Akmal F Dt. Rajo Pangulu
Hj. Yusra Dalimi
Anasrun Dt. Manti Basa
H. Nasrul Darisin, SH,MM
Drs. Tasman Yakub M. Ag.
Abdullah A. Latif BA
A. Dt. Paduko
H. Syafnil

PENGURUS YAYASAN WAKAF AL-HARBI
Ketua : Abdul Rahman Majid
Ketua I :Lahuddin Dt. Gindo Sati
Ketua II: Asnadiar Hadis Zurvin
Sekretaris:Drs.H. Khairunnas R.
Sekretaris I: Adri Cendralen, ST (Non Aktif)
SekretarisII: Rita Gusmeri,S. Kom. (Non Aktif)
Bendahara: Drs. Yusrizal, SH
Bendahara I: Dahlil Dt. Gadang
Bendahara II : Hj. Nuraini

Bidang Pendidikan & Keb. Litbang : Drs. H. Mazni
Bidang Dana & Keuangan: H. Adri Jeffri, SH
Bidang Pembangunan & Sarana Prasarana:
Edward Martin, BA
Bidang Sosial, Ekonomi, Koperasi & Usaha:
Hj. Zahrina Leli
Bidang Dakwah & Humas: Drs. Hendrik S.Ag.

PENGAWAS :
1. Drs. H. Zulkifli Dt. R. Batuah
2. Zurvin Zubir, BA
3. H. Muhammad Razi, M.Eng.

SUSUNAN PENGURUS PONDOK PESANTREN

Penasehat :
Prof. Dr. Rifyal Ka’bah MA (Jakarta)
Prof. DR. Rusdi A.M.,MA (Padang)
DR. Hj. Elywarti Maliki,MA (Jeddah)
H. Yasri Ilyas Lc,MA (Bukittinggi)

Pimpinan & Pengasuh :
H. Zulharbi Salim
Wakil Pimpinan & Pengasuh :
Zulfakhri S.Ag. (Non Aktif)
Direktur : Drs. H. Mazni
Wakil Direktur : H. Yunaldi S.Ag.
Kepala Administrasi (Pjs) :Dona Erita, S.Pd.
Kepala Tsanawiyah (Pjs) : Daswir S.Pd.
Kepala ‘Aliyah (Pjs): Drs.H.Cairunas S.Pd
Kepala Asrama : Nofrizal S.Ag.

Tenaga Pengajar :
1. Drs. H. Mazni
2. H. Yasri Ilyas Lc.MA
3. Hj. Yusra Dalimi
4. H. Yunaldi S.Ag
5. Daswir S.Pd
6. Drs. H. Chairunas Ramli
7. Yafrizal S.Ag
8. Drs. Mukhlis Syam
9. Dodi Hendra S. Ag.
10. Resmiwati S.Pd.I
11. Rosmawati S.Sn.
12. Delmi S.Pd.
13. Eli Yetmi S.S.
14. Elvi Yeni S.Pd.
15. Neni Yuniarti S.Pt.
16. Mardiana S.Pd.I
17. Desrianti S.Pd.I
18. Dona Erita S.Pd.I
19. Nofrizal S.Ag.
20. H.Z. Salim

KURIKULUM DAN KEUNGGULAN
- Kurikulum yang diterapkan pada Pontren Al-Harbi merupakan perpaduan antara kurikulum pesantren Al-Harbi untuk bidang studi agama dan bahasa (Arab dan Inggris intensif) dengan kurikulum SMK Edisi 2004, yang dirancang dengan menggunakan berbagai pendekatan antara lain, pendekatan akademika, pendekatan kecakapan hidup (al-hayah atau life-skills), pendekatakan kurikulum berbasis kompetensi (Competency Based Curriculum), pendekatan kuri-kulum berbasis luas dan mendasar (Board Based Curriculum) dan pendekatan kurikulum berbasis produksi (Production Based Curriculum).
- Penerapan kurikulum baru dalam mencapai target mampu berbahasa asing, Arab dan Inggris dalam waktu relatif singkat.
- Bahasa Pengantar Arab dan Inggris bagi semua tingkatan, termasuk guru dan karyawan diharuskan dapat berkomunikasi dengan kedua bahasa tersebut atau salah satunya.
- Penerapan sistem asrama (in program and planing) dengan pembinaan etos kerja yang tinggi, berbekal bahasa Arab dan Inggris aktif, tenaga pengajar yang profesional dalam bidangnya serta sarana prasarana pembelajaran yang memadai (dalam program pembangunan kampus representatif di sebidang tanah wakaf dari muhsinin)
- Pesantren menerapkan sistem takhassus (spesialisasi) tambahan dalam memahami kitab-kitab kuning seperti Ilmu Alat; Qawaid (Nahu dan Sharaf), Fiqh dan Ushul Fiq, Tafsir dan Ilmu Tafsir, Hadist dan Ilmu Hadist, Tauhid).

KEGIATAN SANTRI DAN OUT-PUT
- Santri dan santriwati peserta didik adalah komponen utama pesantren yang berperan dalam pelaksanaan kelancaran pendidikan dan menjadi produk unggulan. Tidak ada perbedaan antara yang unggul dan tidak unggul. Yang unggul terus diasah-diasuh sedangkan yang belum unggul harus bisa menjadi unggulan. Kualitas sebuah lembaga pendidikan ditentukan oleh unggul dan trampilnya para santri/ santriwati.
- Peserta didik diprediksi dapat mengikuti ujian akhir nasional M.Ts./SLTP, M.A/SLTA.
- Mempunyai Ijazah Pesantren dan Negeri
- Dapat melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi umum dan Islam, baik di tanah air maupun di luar negeri, khususnya ke Timur Tengah (Al-Azhar Mesir, Islamic Univesity Madinah, Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia dll).

Kegiatan di fokuskan sbb:
- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
- Shalat berjama’ah
- Praktek Dakwah : Arab dan Inggris (7 -10 menit)
- Kebersihan lingkungan
- Latihan ketrampilan
- Halaqah

FASILITAS
Fasilitas dan perlengkapan: Ruang belajar yang representatif, Asrama, Mushalla/Surau, Lapangan olah raga. Diprogramkan: Laboratarium bahasa, praktikum Ruang guru, ruang tamu, ruang rapat, Aula, Kantin, BMT, koperasi dan minimart

PENERIMAAN MURID BARU
A.SYARAT PENDAFTARAN :
- Beragama Islam
- Dapat menulis Arab dan Qiraatul Qur’an
- Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
- Menyerahkan fotocopy Ijazah SD/copy Rapor terakhir yang telah dilegalisir untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah
- Menyerahkan fotocopy Ijazah/Rapor terakhir MTs/SLTP yang telah dilegalisir untuk tingkat Madrasah ‘Aliyah
- Pasphoto ukuran 2 x 3 dan 3x4 (4 lembar)

Catatan :
• Khusus untuk madrasah ‘Aliyah diterima dari lulusan MTs/SLTP dengan kelas khusus (spesialis mata pelajaran Agama dan Bahasa Arab intensif).
• Penerimaan siswa/santri terbatas

B. Waktu & Tempat Pendaftaran dan Ujian Masuk

Pendaftaran dimulai : 15 Mei s/d 5 Juli 2008
Waktu : Pukul 08.30 – 14..00 WIB





Tempat Pendaftaran dan informasi hubungi :

SEKRETARIAT
PONDOK PESANTREN AL-HARBI
SAWAH JAUH – PABALUTAN - RAMBATAN
JL. RAYA BATUSANGKAR – OMBILIN KM 4
TELP. 7575 092

Waktu ujian masuk :
- Ujian masuk dilaksanakan : 5 Juli 2008
- Waktu : 08.00 – 13.30 WIB

Materi ujian masuk:
- Ilmu Agama : Praktek Ibadah, Membaca Al-Qur’an, Bahasa dan Menulis Arab
- Pengetahuan Umum : Bhs Indonesia, IPA, IPS, Matematika, Bhs. Inggris, Psychotest
- Pengumuman hasil ujian masuk : 7 Juli 2008 jam 16.00 WIB
- Pendaftaran Ulang: 7 – 10 Juli 2008
- Mulai belajar : 14/15 Juli 2008

C. Syarat-syarat lainnya
Akan ditetapkan kemudian oleh rapat Pengurus, Majlis Guru dan Panitia Ujian Masuk.

LOKASI & TRANSPORTASI
• Lokasi menuju PABALUTAN- Rambatan dapat dicapai dengan kendaraan angkot dari Kota Batusangkar arah ke Terminal Dobok Piliang menuju Bukit Siangok, Belimbing, Padangluar, Turawan, Rambatan dan Ombilin melalui jalan Raya Ombilin dan sebaliknya. (Lihat Denah)
• Ojek tersedia sepanjang waktu.

PENUTUP
Dalam rangka mengujudkan cita-cita yang murni ini, kiranya semua unsur tokoh masyarakat, tokoh adat, ulama, cerdik pandai, intelektual setempat hendaknya ikut membantu dan menunjang dengan pemikiran, usul dan saran yang membangun.
Potensi yang sangat menunjang adalah nawaitu dan tekad yang kuat dalam membangun sebuah era pendidikan bernuansa Islam dalam menyongsong tantangan-tantangan baru globalisasi.
Tantangan arus globalisasi sudah mencapai klimaksnya dengan berbagai upaya untuk mendangkal-kan Islam sebagai agama bangsa Indonesia yang mayoritas dan terbesar di dunia.
Semoga usaha-usaha kita ini akan mendapat berkah dari Allah SWT, Amin!
Wassalam
PENGURUS YAYASAN
PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI
PABALUTAN - RAMBATAN




  


Anak adalah aset termahal yang dimiliki oleh keluarga.
Bila mereka tidak dibina dan mendapatkan pendidikan yang baik, maka tidak saja keluarga, ummat dan bangsa pun akan merugi.
Dengan membantu dan mendidik mereka maka kita telah menyelamatkan satu keluarga dan sekaligus ummat dan bangsa.



PABALUTAN – RAMBATAN - BATU SANGKAR
Jl. Raya Batu Sangkar - Ombilin Km 4 Sawah Jauh, Pabalutan,
Kec. Rambatan, Kab.Tanah Datar, Sumatera Barat
Telp. (+62752) 757 5092
Email : pabalutan@telkom.net


© 2008 Al-Harbi Islamic Foundation

Tidak ada komentar: