Selasa, 08 Juli 2008

Kurikulum Pondok Pesantren Modern AL HARBI

Al-Harbi Islamic Foundation
YAYASAN WAKAF PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI
PABALUTAN – BATU SANGKAR
Telp.(0752)7575092Email : pabalutan@telkom.netKode Pos 72721



POLA KURIKULUM
PONDOK PESANTREN MODERN AL-HARBI
PABALUTAN - BATUSANGKAR

Motto : * TAFAQQUHU FIDDIEN *
* ILMU AMALIAH, AMAL ILMIAH *

I. MUQADDIMAH

Menghadapi era globalisasi sekarang ini pondok pesantren harus berjuang dan berkiprah lebih pro aktif. Selama ini terdapat kecenderungan memisahkan pendidikan umum dan agama (Islam) membuat umat Islam terjauh dari ajaran Islam.
Pondok Pesantren Modern Al-Harbi yang Insya Allah pada tahun pelajaran 2007/2008 dibuka, ingin mencoba merekat kembali perpaduan sinergi pendidikan agama dengan pendidikan umum, sehingga antara keduanya tidak dikhotomi.
Dalam mengejar perguliran masa depan pendidikan, memberikan sumbangan yang berarti kepada masyarakat dan mendukung kesinabungan pendidikan yang dicanangkan pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Danah Datar yang telah mencantumkan program peningkatan mutu pendidikan bagi anak nagari Luhak Nan Tuo serta program wajib belajar 9 tahun, sudah selayaknyalah Pondok Pesantren Modern Al-Harbi mendukung Program Pemerintah tersebut sepanjang tidak bertentangan dengan Islam.
Pengembangan pola kurikulum keterampilan dalam berbagai bidang disiplin ilmu menjadi dasar pendidikan pondok pesantren, sehingga dapat menghasilkan anak didik yang siap pakai di tengah masyarakat.

II. MOTTO, VISI, MISI dan TUJUAN

MOTTO

Tafakkahu fiddien (Mehami Ilmu Agama) dan Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah

VISI

Membentuk pribadi muslim dan muslimah yang berkarakter mulia, beriman, berilmu, beramal, bertaqwa, berkualitas dan profesional menuju ridha Ilahi, berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah

MISI

1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan sistem pembelajaran dalam rangka mengujudkan santri yang memiliki ilmu pengetahuan, mandiri, kreatif, produktif yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan integritas antara ilmu agama dan ilmu umum dengan mengembangkan sistem pengajaran berbasis kompetensi, teknologi dan mampu bersaing.
3. Mencetak kader-kader ulama, pendidik dan da’i yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), trampil siap mengabdi kepada Agama, Bangsa dan Tanah Air.

TUJUAN

1. Membekali kepamampuan santriwan dan santriwati peserta didik untuk mengembangkan kehidupan sebagai muslim yang beriman dan bertaqwa serta berakhlakul-karimah, sehat jasmani dan rohani serta berkepribadian sebagai warga negara Indonesia.
2. Membina santriwan dan santriwati peserta didik untuk memiliki ilmu pengetahuan, taat beribadah dan patuh bagi pengembangan pribadinya.
3. Mempersiapkan santriwan dan santriwati peserta didik sebagai kader ulama (intelektual muslim) dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Sesuai motto yang telah digariskan oleh pendiri Pondok Pesantren Modern Al-Harbi adalah Tafaqquh Fiddin (Mendalami Ilmu Agama) dan Ilmu ‘Amaliah, ‘Amal ‘Ilmiah. Ditekankan untuk memahami ilmu agama langsung dari sumbernya yang asli (kitab gundul) berbahasa Arab. Beramal dengan ilmu yang diperdapat serta amal-amal tersebut harus berdasarkan ilmiyah (ilmu pergetahuan, tidak taklid), perlu diterapkan secara kontinu.
Semenjak dari zaman penjajahan sampai sekarang masih ada sistem pendidikan yang cenderung memisahkan antara pendidikan agama dan pendidikan umum (dikhotomi) kini tidak ada lagi. Walaupun sekarang sudah ada beberapa madrasah negeri, swasta dan pondok pesantren, namun belum menampakkan hasil lulusannya yang sanggup bersaing dengan sekolah umum dalam bidang ilmu umum dan keterampilan .

Maka sekarang Pondok Pesantren Modern Al-Harbi mencoba mengadakan terobosan baru dalam mengembangkan ilmu dan keterampilan yang Tafaqquh Fiddin dengan beberapa program..

III. PROGRAM

Program-program yang telah dirancang untuk mencapai tujuan yang telah digariskan Pondok Pesantren Modern Al-Harbi yang menjadi misi dari Pondok Pesantren Modern Al-Harbi adalah sebagai berikut:


1. Program Tahfizdul Qur’an : Bagi siswa kelas I harus hafal minimal Juz ‘Amma dan harus menghafal surat Al-Baqarah dstnya. Kelas yang lebih tinggi harus hafal sekurang-kurangnya 10 Juz, bahkan Al-Qur’an keseluruhannya.

2. Program Bahasa Arab dan Bahasa Inggris aktif. Dengan improfisasi kurikulum dan pola pengajaran Intensive English Cource dan Ta’limul Lughah Al-Arabiyah yang akan dilengkapi audio visual system maka dalam masa 1 (satu) tahun santri/sanriwati telah mampu berbahasa Arab dan Inggeris aktif.

3. Program komputer dan Elektronika: Semua santri/siswa yang akan menamatkan pelajarannya dipesantren/madrasah, harus mengikuti program komputer dan Elektronika dan mendapat sertifikat Program kumputer dan elektronika di kelola langsung oleh lembaga – lembaga komputer dan elektronika yang ada.

4. Muhadharah, Muzakarah dan Mujadalah (retorika, diskusi). Khusus untuk santri/siswa yang baru belajar dibekali dengan program muhadharah untuk melatih kemampuan retorika, da’wah sedangkan bagi siswa tingkat atas dibina dalam muzakarah dan mujadalah (diskusi dan perbandingan). Didalam Muzakarah dan mujadalah inilah kemampuan siswa akan terlihat dalam mengishtimbathkan (menetapkan hukum) terhadap masalah –masalah yang berkembang dengan referensi kepustakaan (bibliotik).

5. Takhassus (Program Khusus). Untuk mempertajam kemampuan kurikulum ilmu alat B.Arab (Nahu, Sharaf, Ushul Fiqih, Mantiq dan Balagah) kepada siswa diberikan pelajaran tambahan dengan sistem halqah yang dibina oleh guru – guru tua, sehingga penularan ilmu dari guru-guru tua kepada kader – kader ulama dapat terus berlangsung karena ilmu ini akan tetap dipertahankan sebagai identitas Pondok Pesantren Modern Al-Harbi.

6. Pembinaan Ibadah dan Kultum. Untuk menciptakan perkembangan yang serasi antara penambahan ilmu dan peningkatan ibadah setiap hari para siswa mengikuti pembinaan ibadah shalat zuhur berjamaah, shalat-shalat ‘Ashar, Maghrib, ‘Isya dan Subuh berjama’ah.
Pola Kurikulum Pondok Pesantren Modern AL-HARBI


Setiap hari Senin melakukan shalat Dhuha dan dzikir, setiap sudah shalat zuhur diadakan kuliah tujuh menit (Kultum) yang disampaikan oleh siswa secara bergantian.

7. Pelatihan Imam dan Khatib. Untuk membekali siswa yang akan terjun kemasyarakat maka siswa dibina dan dilatih agar mampu tampil menjadi Imam, Khatib.

8. Pelatihan Leadership. Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW :
كلكم راع وكل راع مسئول عن رعيته (Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin mempunyai tanggungjawab terhadap yang dipimpinnya..)
Membekali santri dan santriwati dengan pelatihan kepemimpinan melalui kesatuan intra sekolah atau Pondok Pesantren yang dibina oleh majlis guru.

9. Pramuka, olahraga dan pelatihan bela diri. Untuk kekuatan fisik dan mental santri/siswa dilatih/belajar bela diri silat tradisonal, karate, yudho dll, serta latihan oralahraga dan pramuka.

10. Pelatihan keterampilan a.l. pertanian, perikanan, pertenakan, mekanika dan pertukangan, jahit menjahit dan tata boga (masak-memasak) bekerjasama dengan Depnaker dan lembaga terkait, juga diajarkan Tata Boga untuk keterampilan santri dan santriwati di asrama.

11. Poliklinik untuk kesehatan santri/siswa, guru dan pegawai disediakan tempat berobat, konsultasi kesehatan dengan dokter dan perawat.

12. Koperasi Pesantren dan Pengembangan BMT (Baitul Mal wat-Tamwil.) Untuk menghimpun dana dari dan untuk masyarakat. Menampung bagi yang ingin berzakat, wakaf, infak dan shadakah bagi anak-anak tidak mampu (dhu’afa). Kopontren adalah penting bagi Pondok Pesantren untuk pengadaan bahan-bahan pokok keperluan belajar mengajar.

Penjelasan :
Kurikulum Pondok Pesantren Modern Al-Harbi diplanning sebagai perpaduan antara kurikulum identitas madrasah/pesantren dengan kurikulum Departemen Agama dan Dep. Pendidikan Nasional.
Jam belajar efektif 9 jam pelajaran sehari mulai dari jam 07.15 sampai jam 14.10. Sore belajar extra kurikuler dan pelatihan-pelatiahn sampai malam.
Adapun buku-buku Agama yang dipakai di Pondok Pesantren Modern Al-Harbi adalah buku-buku klasik/lama seperti Sirah An-Nabawiyah/Tarikhul Islami (SKI), Matan Ajrumiyah (Nahu), Shal-shal Madkhal (Sharaf), Tafsir Jalalain, Tafsir Nasafi (Tafsir), Bulughul Maram, Subulus Salam (Hadits), Fathul Muin, I’anah Thalibin (Fiqih) dan lain-lain tetap dilestarikan.
Semuanya itu diajarkan guru dengan bahasa pengantarnya Bahasa Arab mulai dari kelas II sampai dengan kelas VI. Hal ini dapat diprediksikan,k arena di kelas I sudah diajarkan bahasa Arab aktif secara intensif.
Pola Kurikulum Pondok Pesantren Modern AL-HARBI


Selain dari buku-buku kitab identitas tersebut dipakai juga buku-buku dari Departemen Agama sebagai standarisasi (rujukan) pelajaran yang akan dibahas dengan kitab Arabiah.
Untuk kurikulum umum dipakai keseluruhannya kurikulum Diknas dan Depag.
Ditingkat Aliyah sejak dari kelas IV mengajarkan kitab agama dengan bahasa Arab dan mengajarkan pelajaran umum dengan bahasa Inggris.

Catatan:
a. Untuk tahun pelajaran 2007/2008 kepada para guru diberikan kesempatan mengajar dalam bahasa Indonesia, karena baru pada tingkat kelas I.
b. Buku penunjang kurikulum Bahasa Arab dipakai kitab Al-Arabiyah Lin Nasyi’iin, (Kurikulum Lengkap Bahasa Arab Untuk Orang Asing), dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Arab Saudi dan beberapa buku referensi standard Bahasa Arab SLTP di Arab Saudi, Mesir dan Suriah
c. Bagi santri dan santriwati yang diterima di tingkat ‘Aliyah akan diberikan pelajaran takhassus (khusus Agama dan Bahasa Arab) disamping kurikulum SMU standard.

Keterangan :
• Di kelas I belum diajarkan : SKI, Nahu, Sharaf, PPKN dan IPS karena jamnya diintensifkan kepada bahasa Arab 12 jam perminggu, setiap hari kelas I belajar bahasa Arab 2 jam. Dalam satu tahun itu siswa mampu berbahasa Arab aktif.
• Di kelas II jam pelajaran bahasa Inggris 12 jam perminggu, setiap hari kelas II belajar Bahasa Inggris 2 jam. Dalam satu tahun itu siswa mampu berbahasa Inggris aktif.
• Dan di kelas IV s/d VI guru mengajarkan kitab agama dengan bahasa Arab dan mengajarkan pelajaran umum dengan bahasa Inggris.
• Untuk mengukur keberhasilan siswa dan guru-guru apakah sudah tuntas atau belum tuntasnya satu pelajaran, maka diadakan ujian bulanan. Nilai bulanan tersebut dilaporkan kepada wali santri setiap bulan sewaktu menghadiri wirid pengajian Dhuha setiap bulan yaitu minggu pertamanya.
• Bagi siswa yang belum tuntas maka diadakan remedial oleh guru mata pelajarannya dan kepada walinya dimintakan perhatian dan dorongan terhadap siswa tersebut.
• Dalam satu tahun guru–guru akan dievaluasi oleh Yayasan bersama-sama dengan Direktur, Wakil Direktur dan Kepala Sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas guru apakah sudah tercapai target yang diberikan atau belum. (System Target Program)

IV. TAKHASSUS (Spesialisasi)

Sesuai dengan ’otto Pondok Pesantren Modern Al-Harbi, ليتفقهوا فى الدين (Mendalami Ilmu-ilmu Agama) direncanakan melaksanakan program sepsialis/takhassus yang mengkhususkan bidang agama, membahas dari sumber asli kitab tidak berbaris (gundul), yang dikenal dengan kitab kuning.

Pola Kurikulum Pondok Pesantren Modern AL-HARBI



Diharapkan lulusannya dapat menjadi ulama, cendikiawan muslim, mubaligh dan guru Agama yang memiliki kemampuan sebagai berikut :
• Menguasai ilmu alat, khususnya Bahasa Arab (Nahu, Sharaf, Mantihq dan Balaghah)
• Menguasai Fiqih, Ushul Fiqh, Tafsir dan Hadits
• Memiliki Aqidah yang benar dan kuat
• Berakhlak yang mulia dan Islami
• Terampil dan punya sikap mandiri
• Mampu mentransferkan ilmu Agama dengan dasar-dasar yang sudah dimiliki kepada anak didik dan masyrakat banyak.

Bidang ilmu yang diajarkan :
1. Aqidah dan Akhlak
2. Fiqh Ushul Fiqh
3. Qawaiddullughah
4. Tafsir dan Ilmu Tafsir
5. Hadits dan Ilmu Hadits
6. Balaghah
7. Hikmatut Tasyri’
Sistim pembelajaran secara : Halaqah, Muzakarah, Mujadalah dan kuliah umum atau klasikal. Sistem takhassus diterapkan di Madrasah ‘Aliyah setingkat SMU.

V. FASILITAS SARANA DAN PRASARANA

Untuk menunjang tercapainya program pembelajaran madrasah dan pondok pesantren, perlu melengkapi fasilitas yang memadai dan melengkapi sarana dan prasarana. Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Harbi berusaha mendapatkan:
1. Anak didik difokuskan berada di asrama (mondok) dalam kegiatannya diatur tersendiri.
2. Asrama Santri dan Santriwati, sudah mendapat tawaran dari masyarakat beberapa buah rumah dan surau menjadi asrama. Pemondokan di asrama dimaksudkan dapat menampung santri dan santriwati yang datang dari jauh dan luar daerah.
3. Labor Bahasa , labor IPA dan labor Komputer (sedang diprogramkan)
4. Klinik Kesehatan, paramedis dan perawat untuk pemeriksaan kesehatan santri, guru-guru dan pegawai








 2007- File: Pola Kurikulum Al-Harbi 2007/2008



KEGIATAN HARIAN SANTRI DAN SANTRIWATI
نشاط يوميا
No Waktu Kegiatan العربية
01 04.30 – 05.30 Bangun pagi, Shalat Subuh berjama’ah, Tahfidzul Qur’an صاح من النوم وصلاة ا لصبح مع الجماعة فى المسجد أو مصلى
02 05.30 – 06.00 Belajar di Surau/Masjid مراجعة وتحفيظ القرآن
03 06.00 – 07.15 Mandi, sarapan pagi, persiapan ke sekolah إستحمام و فطور واسعداد الى المدرسة
04 07.15 – 13.40 Belajar di Sekolah, Shalat Dzuhur berjama’ah دراسة فى فصل وصلاة الظهر
05 13.40 – 14.40 Makan Siang/Lunch غداء
06 14.40 – 15.15 Istirahat dan kegiatan bebas إستراحة وبرنامج مفتوح
07 15.15 – 15.50 Shalat ‘Ashar berjama’ah, Tahfidzul Qur’an صلاة العصر مع الجماعة وتحفيظ القرآن
08 15.50 – 17.30 Belajar Sore, menghafal, mengerjakan PR مراجعة مسائيا والواجبا ت
09 17.30 – 18.15 Mandi, persiapan shalat Maghrib berjama’ah إستحمام واستعداد الى المسجد
10 18.15 – 19.00 Shalat Maghrib berjama’ah, Tahfidzul Qur’an صلاة المغرب مع الجماعة و تحفيظ
11 19.00 – 19.30 Makan Malam/Dinner عشاء
12 19.30 – 20.00 Shalat ‘Isya berjama’ah, Tahfidzul Qur’an صلاة العشاء مع الجماعة وتحفيظ
13 20.00 – 22.00 Belajar Malam مراجعة دراسة والواجبات
14 22.00 – 04.30 Istirahat, tidur نام وتصبح على الخير


ASRAMA

Santri dan Santriwati baik yang datang dari jauh maupun berasal dari Pabalutan dan sekitarnya diharuskan untuk tinggal di asrama.

Persyaratan masuk Asrama

1. Bersedia mentaati peraturan asrama
2. Bersedia mengikuti dapur umum
3. Membayar uang pemondokan, makan bulanan, listrik dan kesehatan
4. Bersedia mengikuti program kegiatan asrama
5. Memenuhi kebutuhan pribadi di asrama seperti kasur dan bantal, lemari, piring dan sendok, ember dll

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Afwan ustd kalo ujian akhirnya bagaimana?