Rabu, 27 Mei 2009

Beasiswa ke Arab Saudi

Bea Siswa ke Arab Saudi

Sabtu, 15 November 2008

Padang, Padek—Ratusan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang mendapat tamu istimewa saat shalat subuh di Masjid Nurul Ilmi, kemarin (14/11). Bagaimana tidak, seorang jamaahnya adalah Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Abdulrahman MA Al Khayyat.

Setelah melaksanakan shalat Subuh, Dubes berdialog dengan mahasiswa.

Setelah sedikit pengantar dari sang dubes yang diterjemahkan, baru mahasiswa sadar kedatangan perwakilan Arab Saudi tersebut untuk bersilaturahmi.

Beliau sangat senang datang ke sini. Apalagi dengan keberadaan mahasiswa yang hadir seperti ini di masjid yang kita cintai ini,” ungkap penerjemah menjelaskan maksud Abdulrahman.

Setelah menyampaikan maksud kedatangannya, Abdulrahman memberikan kesempatan kepada jamaah yang hadir untuk berdialog, dibantu penerjemahnya. Dari lima mahasiswa yang diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, hampir seluruhnya menanyakan tentang peluang bea siswa di Arab Saudi. Mulai dari cara mendapatkannya, sampai keberadaan pendidikan tinggi di sana.

Menjawab hal itu, Abdulrahman menjawab bagaimana cara untuk meraih bea siswa dan kesempatan untuk berkuliah di sana.

Dari sekian banyak penanya, dua di antaranya bertanya dengan bahasa Arab fasih. Dengan kondisi seperti itu, sebagian besar jamaah yang tidak mengerti kontan saja bingung. Untungnya, penerjemah tanggap dan langsung menerjemahkan maksud dan pertanyaan mahasiswa yang bertanya dengan bahasa Arab.

Rektor Unand Musliar Kasim menjelaskan siang sebelumnya Dubes dan pihak Unand telah melakukan komunikasi untuk kemungkinan kerjasama yang mungkin terjalin di antara kedua belah pihak.

Sebenarnya, kerjasama tersebut telah dimulai sejak tahun 2006. Kala itu menurut Musliar, ia diundang untuk studi banding. Dalam kunjungannnya tersebut Musliar sempat mengunjungi beberapa universitas. Di antaranya, King Saud University Riyadh, King Abdulaziz University Jeddah, Riyadh College of Dentistry and Pharmacy Riyadh, King Faisal University Dammam dan sejumlah universitas lainnya.

Setelah ini, dijelaskan Musliar akan dijalin MoU antara Unand dan Departemen Pendidikan Tinggi Arab Saudi.

Sebab, disana pendidikan tinggi diurus departemen tersendiri. Untuk pertukaran pelajar, sejauh ini Arab Saudi baru mengirim mahasiswanya ke Malaysia. “Makanya, dengan adanya kerjasama ini terbuka peluang untuk pertukaran mahasiswa antara Unand dan sejumlah universitas di sana,” jelas Musliar.

Untuk syarat, terutama bahasa, Musliar memastikan tidak sulit. Sebab, di sana bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Jadi untuk berkuliah di sana, cukup dengan bekal TOEFL 550 dan menjalani sederet seleksi yang kompetitif. Tak ketinggalan, juga terbuka peluang kesempatan kerja di Arab Saudi.

Bantu Pondok Pesantren

Selain ke Unand, Abdulrahman MA Al Khayyat juga berkunjung ke Tanahdatar. Dalam kunjungannya, Abdulrahman menjanjikan bantuan bagi Pondok Pesantren Modern Al Harbi Pabalutan Rambatan dan sarana pendidikan agama di Tanahdatar.

Hal itu diungkapkan Abdulrahman MA Al Khayyar melalui penerjemaahnya kepada Pimpinan Pondok Pesantren. Pada kesempatan itu, hadir Bupati Tanahdatar M.Shadiq Pasadigoe, Ketua STAIN Batusangkar Syukri Iska, Kakanwil Depag Sumbar Darwas, Dandim 307 Tanahdatar Letkol Inf Gugun Gumelar, serta sejumlah pengurus Yayasan Ponpes dan tokoh masyarakat Rambatan.

Menurut Abdulrahman, permohonan bantuan untuk pengembangan Pondok Pesantren Al Harbi sudah sampai kepadanya, dan memenuhi syarat untuk diberikan bantuan dari Arab Saudi. Di samping itu dia juga berjanji memberikan perhatian khusus untuk pembinaan pendidikan keagamaan di Kabupaten. (dy/mal)

Tidak ada komentar: